4.99/5 (1,288)

ask ask.co.id ask indonesia ask forum, forum askI Beranda I Anggota I Pos Terbaru
I Tulis Pos

. Ask Thred Nasional Internasional Flora & FaunaTehnologiProperti Travel Sport Food KesehatanPopuler Entertainment Game HotelInternet Agama Vidio
Pengertian "Fallacy...
 
Notifikasi
Bersihkan semua

Pengertian "Fallacy" Kesesatan Berpikir Dalam Logika


Ask
Pos: 256
 Ask
Moderator
Topik Pemula
(@ask)
Anggota Terkemuka
Bergabung: 5 bulan lalu

Pengertian Fallacy. Istilah fallacy berasal dari bahasa Yunani, yaitu "fallacia" yang berarti "sesat pikir". Secara umum, fallacy diartikan sebagai proses penalaran yang tidak logis, salah arah dan menyesatkan. Fallacy juga dapat berarti kerancuan berpikir yang diakibatkan oleh ketidak-disiplinan pelaku dalam menyusun data dan konsep, baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

 

Fallacy merupakan bagian dari logika yang mempelajari beberapa jenis kesesatan penalaran sebagai lawan dari argumentasi logis. Fallacy timbul karena adanya suatu gejala berfikir atau aktivitas berpikir yang disebabkan karena :
ketidak-tepatan atau penyalah-gunaan bahasa (verbal), seperti pemilihan terminologi yang salah.
pemaksaan prinsip-prinsip logika tanpa memperhatikan relevansi (materi), seperti pemilihan premis yang tidak tepat atau membuat premis dari proposisi yang salah, serta proses penyimpulan premis yang tidak tepat atau premis tidak berhubungan dengan kesimpulan yang diinginkan.

 

Sedangkan menurut John Locke, fallacy dapat terjadi karena beberapa hal, yaitu :
  • karena subyek sesungguhnya jarang berpikir sendiri atau berpikir dan bertindak sesuai dengan apa yang dipikirkan dan dilakukan orang lain.
  • karena subyek bertindak seakan sangat menghargai rasio, tetapi kenyataannya tidak menggunakan rasionya dengan baik.
  • karena subyek tidak terbuka untuk melihat persoalan secara komprehensif, terpaku hanya pada pendapat atau pendekatan orang tertentu atau sumber tertentu.  
Share:

ask ask.co.id ask indonesia ask forum, forum askI AskForum I Privasi I Hubungi
I Ketentuan I Penghapusan Data
I Tentang Kami


Ask : Ask.co.id
Kreasi : Asma

ask
Forum Republik Indonesia

Nilai Forum ini